Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rabu, 14 April 2010

SDM

kompensasi / balas jasa : sgala sesuata yg d berikan oleh perusahaan kpd para pegawai seperti gaji / upah.

Tujuan manajeman kompesasi : terpenuhinya aspek legal / formal yg tersedia, keeektifan biaya utk organisasi, peningkatan kinerja organisasi, menarik karyawan yg unggul utk bergabung dngan organisasi, mendorong kinerja karyawan.

Factor2 determinan manajeman kompensasi karyawan : kondisi permintaan dan penawaran tenaga kerja, produktivitas karyawan, kemampuan perusahaan utk membayar, biaya hidup, serikat pekerja.

Gaji : tingkat penjaminannya tinggi

Upah : untuk pembayarannya fleksibel tergantung keperluannya.

Kompensasi langsung : berhubungan lngsung dng pekerjaan / jabatannya.

Kompensasi tdk lngsung : tdk berhubungan lngsung dengan pekerjaan / jabatannya ( asuransi, cuti).

3 konsep balas jasa : basic compensation (evaluasi jabatan), variable compensation (insentif pay for performance) sepply compensation (benefit), rian (ijonk).

Menentukan tarif pembayaran : melakukan survey balas jasa, menganalisa jabatan, mengelompokan jabatan" ked lm tingkat pembayaran, memberi harga setiap ingkatan pembayaran, memperbaiki taraf upah.

Salary survey (ss): suatu suvey yg bertujuan utk menentukan kompensasi yg berlaku d pusat.

Data ss d gunakan dalam 3 hal : data survey d gunakan utk member harga pada benchmark jobs yg akan menjadi patokan untk menghargai pekerjaan lain, berbagai posisi d tetapkan harganya berdasarkan harga pasar secara langsung, pengumpulan data benefit karyawan.

Metode point dari evaluasi jabatan : menatapkan kelompok jabatanutk d evaluasi, mengumpulkan informasi jabatan, memilih factor" yg dapat d komensasukan, mendefinisikan tingkat factor, menentukan nilai relative dari factor,

Keterampilan bisa lahir karena : pendidikan, pengalaman, upaya fisik, kondisi kerja (kenyamanan kerja)

Insentif : pembayaran yang dibayarkan kpd para pegawai karena dia telah bekerja melebihi standar.

Possible insentif : bonus yg d berikan pd karyawan, memberikan kesempatan utk berlibur, peningkatan uang pensiun, perlengkapan rumah.

Aspek perilaku dalam manajeman kompensasi : keadilan

Ada 4 jenis keadilan (equity) :

  • External equity : keseteraan kompensasi yg d berikan kpd karyawan yg mengerjakan pekerjaan yg sama d organiosasi lainnya
  • Internal equity : kesetaraa kompensasi antar posisi / pekerjaan di dalam suatu organisasi dengan cara menyediakan perbedaan kompensasi atas dasar yang objektif dan ilmiah
  • Individual equity : keadilan ini mengukur bagaimana imbalan kerja berhubungan dengan kinerja
  • Procedural equity : keadilan yang dirasa dari proses dan prosedur yg d gunakan utk membuat dan menetapkan keputusan tentang kompensasi.

Contoh definisi tentang lima factor yg d gunakan secara khusus dalam metode perbandingan factor : tuntutan mental, keterampilan, tuntutan fisik, tanggung jawab, kondisi kerja

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar